Ragam Jenis Kayu Tahan Lapuk Untuk Eksterior



Kayu adalah satu diantara material untuk bangunan yang lumayan menarik. Tidak hanya berkekuatan serta ketahanan yang lumayan baik, beberapa tipe kayu mempunyai warna, struktur, serta skema yang unik serta ciri khas hingga sering digunakan untuk meningkatkan estetika pada tempat tinggal, terhitung untuk exterior rumah.

Tetapi, sayangnya tidak semua tipe kayu pas untuk dipakai pada exterior rumah. Beberapa macam kayu mempunyai kekurangan pada cuaca, hama, serta beberapa unsur yang lain hingga kurang demikian pas untuk dipakai pada lingkungan luar rumah.

Lalu, tipe kayu seperti apa yang dapat dipakai untuk exterior rumah? Tersebut beberapa pilihan tipe kayu yang awet serta tahan lapuk hingga pas untuk sempurnakan exterior rumah.

Pertama, Kayu Jati 

Kayu jati sangatlah popular akan kualitas dan ketahanan yang dipunyainya hingga tidak bingung bila kayu jati pas untuk dipakai pada exterior bangunan. Tetapi, kayu yang populer akan kekuatannya ini dikuasai oleh umur dari pohon jati yang dipakai.

Makin tua pohon jati, karena itu makin kuat serta berkualitas juga kayu jati yang akan dibuat. Sayangnya, sebab pohon jati mempunyai perkembangan yang lamban, tidak gampang untuk cari kayu jati berkualitas serta tentu saja tipe kayu jati dengan umur tersendiri mempunyai harga yang relatif mahal dibanding tipe kayu yang lain.

Kedua, Kayu Ulin 

Biasanya, satu diantara kecemasan dari pemakaian material kayu ialah ketidaktahanannya pada air yang dapat membuat kayu jadi lapuk serta rusak. Tetapi, ini tidak berlaku pada kayu ulin.


Banyak yang yakin jika kayu ulin malah akan makin kuat bila terserang air. Bahkan juga, tidak dikit orang yang menyebutkan tipe kayu satu ini dengan arti kayu besi karena kemampuan yang dipunyainya. Sayangnya, kayu dengan struktur serta warna yang jelas ini sering mempunyai permukaan yang retak-retak serta tidak semulus kayu jati.

Ketiga, Kayu Merbau 

Sering jadikan jadi alternatif bermaterial kayu jati, tipe kayu yang pas untuk exterior bangunan setelah itu kayu merbau. Tentunya, fakta kenapa merbau sering jadikan pilihan pemakaian kayu jati ialah kekuatannya yang tidak kalah dari kayu jati.

Satu diantara kekurangan dari tipe kayu satu ini ialah warna serta struktur kayu yang sering belang serta kontras. Tetapi, buat beberapa orang malah ini jadi daya tarik tertentu dari kayu merbau.

Keempat, Kayu Damar Laut 

Pilihan material kayu untuk exterior bangunan setelah itu kayu damar laut. tipe kayu ini mempunyai karakter keras hingga benar-benar susah untuk diproses. Tetapi, karakter keras berikut yang jadikan kayu ini pas untuk dipakai pada exterior ruang atau pada lingkungan outdoor.

Kelima, Kayu Bengkirai 

Datang dari Kalimantan, material kayu bengkirai adalah satu diantara material kayu asal Indonesia yang cukup popular dipakai untuk exterior bangunan. Juga dikenal dengan nama kayu barau, tipe kayu satu ini berkekuatan yang benar-benar baik untuk dipakai pada outdoor walau mempunyai karakter getas atau gampang retak-retak di bagian permukaannya.


Butuh diingat, walau mempunyai ketahanan lebih baik dibanding dengan beberapa tipe kayu yang lain, masih dibutuhkan perawatan tambahan untuk jaga ketahanan kayu yang kamu pakai di luar ruang. Lepas dari kayu mana yang dipakai, masih beri pelapis kayu untuk jaga ketahanan kayu dari beberapa hal yang dapat membuat lapuk serta kerjakan perawatan periodik.

Tidak hanya antilapuk serta tahan pada cuaca, beberapa tipe kayu yang pas untuk exterior bangunan itu mempunyai penampilan alami yang benar-benar estetik hingga dapat membuat penampilan fasad rumah jadi makin menarik. Material kayu mana yang paling pas untuk exterior rumahmu?
My photo
Herman Bardon
Saya seorang tukang bangunan yang berasal dari salah satu sudut kota Malang. Agar eksis saya membuat blog https://tukang.co