Desain Eksterior Rumah Untuk Hunian Sehat



Gaya hidup sehat sangat penting untuk dikerjakan oleh kebanyakan orang. Tidak hanya teratur olahraga serta mengonsumsi makanan sehat, design interior serta exterior tempat tinggal juga harus dapat memaksimalkan gaya hidup sehat yang kamu aplikasikan.

Bicara tempat tinggal sehat, ada banyak komponen yang perlu kamu lihat. Lebih, Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan keadaan tingkat kelembaban yang tinggi hingga kamu harus mengoptimalkan kekuatan lingkungan serta exterior rumah supaya tetap nyaman serta tidak merubah kesehatan.


Di bawah ini, Kania akan bagikan komponen-komponen penting pada design exterior yang dapat kamu maksimalkan untuk membuat rumah sehat.

Jumlahnya Bukaan Mencukupi untuk Kelancaran Perputaran Udara 

Jendela adalah komponen exterior penting sebab bertindak jadi jalan keluar udara kotor dari rumah yang diganti dengan masuknya udara bersih ke di rumah. Dalam membuat tempat tinggal, baiknya tiap ruang seperti ruangan tamu, dapur, sampai kamar tidur diperlengkapi dengan jendela agar perputaran udara berjalan mulus.

Mengingat banyak type penyakit yang disebarkan dengan gampang melalui udara, tentu saja tersedianya jumlahnya jendela yang ideal pada exterior rumah dapat menghindari yang tinggal di rumah diserang dari penyakit. Janganlah lupa, upayakan untuk membuat jendela rumah supaya terserang sinar matahari dengan cara langsung.

Maksimalkan Perputaran dengan Roster yang Menarik 

Agar perputaran udara serta sinar lebih maksimal, kamu dapat menempatkan lubang angin atau roster di bagian exterior rumah, sama dengan fasad atau pagar. Tidak sebatas bertindak jadi dekorasi yang estetik, roster pada exterior bisa membuat tempat tinggal terlepas dari lembap serta pengap.

Supaya penampilan exterior hunianmu tampil menarik, kamu dapat pilih roster dengan bentuk yang sesuai menurut ide exterior yang ingin kamu tonjolkan. Bahkan juga, dinding roster juga ada dari beberapa material yang dapat kamu pilih sesuai dengan hasrat serta budget, dari mulai roster beton, batako, tanah liat, keramik, kayu, sampai GRC.

Pemakaian Plafon dengan Tinggi Baik 

Tidak hanya jumlahnya bukaan yang ideal, plafon harus juga direncanakan dengan jeli sebab merubah penebaran udara. Baiknya, plafon di bagian exterior rumah dibikin tinggi supaya perputaran udara dapat menyebar dengan maksimal. Diluar itu, plafon yang tinggi juga bisa menghalangi panas dari cahaya matahari hingga rumah masih sejuk serta nyaman.

Pemakaian Material Ramah Lingkungan 

Tidak cuma di bagian exterior, pemakaian material ramah lingkungan berlaku pada semua komponen rumah. Nah, ada banyak macam material ramah lingkungan yang dapat kamu terapkan pada exterior rumah, seperti kayu atau batu bata yang efisien meredam panas matahari hingga meminimalkan pemakaian AC.


Sesaat di bagian exterior lain seperti atap, jauhi pemakaian material asbes yang punya potensi memunculkan permasalahan penyakit serta menggantinya dengan atap exterior ramah lingkungan dengan formulasi baja ringan yang tambah lebih kokoh serta aman pada lingkungan.

Rumah Nyaman dengan Ruang Hijau 

Tidak hanya membuat penampilan exterior rumah terlihat sejuk, kehadiran tanaman bisa memberi kesegaran buat yang tinggal di rumah. Ada beberapa sekali macam tanaman hijau tropis yang dapat kamu rawat di bagian exterior rumah, dari mulai cemara kipas, morning glory, sundul rusa, sampai tanaman bunga seperti kamboja serta kembang sepatu.

Bila ruang exterior hunianmu sempit, kamu dapat juga membuat taman vertikal pada dinding, dan menaruh pot mini berisi kaktus yang tidak hanya cantik bertindak jadi pengusir bakteri alami. Tetapi, apa pun type tanaman yang kamu letakkan di exterior rumah, yakinkan kamu merawatnya dengan teratur!
My photo
Herman Bardon
Saya seorang tukang bangunan yang berasal dari salah satu sudut kota Malang. Agar eksis saya membuat blog https://tukang.co