Atap UPVC : Solusi Atap Kanopi Murah




Membangun kanopi untuk rumah kini menjadi tren yang begitu banyak disukai oleh masyarakat perkotaan. Keberadaannya bisa menjadi sarana tambahan untuk mempercantik tampilan rumah. Selain itu, kanopi juga bisa jadi pelindung dari berbagai jenis cuaca.

 Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan beragam tipe kanopi, salah satunya adalah kanopi Atap uPVC untuk yang berbahan plastik dan Atap onduline untuk anda yang ingin berbahan dasar aspal yang dinilai mampu tahan segala kondisi cuaca.

Kanopi jenis ini terbilang sebagai material yang kurang begitu familier dibandingkan dengan bahan lain, seperti polycarbonate, galvalum, ataupun spandeks. Namun, keberadaannya dalam beberapa tahun terakhir semakin populer.

 Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kanopi di rumah, Atap uPVC merupakan salah satu opsi terbaik. Untuk bisa mengenal lebih jauh mengenai material ini, Anda bisa membaca lebih lanjut pembahasannya sebagai berikut.

Apa Itu Kanopi Atap uPVC

Atap uPVC merupakan nama merek yang dimiliki oleh PT Unipack Plasindo dan merupakan anak perusahaan dari PT Impack Pratama Industri Tbk. Produksi atap jenis ini dimulai pada tahun 2015 dan dikenal sebagai atap gelombang berongga pertama yang dibuat dengan bahan uPVC di Indonesia.

Ulasan Terkait : Rangka Atap Baja Ringan

Ya, kanopi Atap uPVC merupakan kanopi yang menggunakan atap berjenis uPVC yang merupakan kependekan dari unplasticized polyvinyl chloride. Sesuai dengan namanya, bahan uPVC merupakan varian dari PVC. Hanya saja, material ini memiliki karakteristik yang lebih kokoh. Pemanfaatan bahan uPVC tidak hanya digunakan untuk pembuatan kanopi Atap uPVC. Anda juga bisa menemukan berbagai pemakaian material ini untuk pembuatan kusen jendela, pipa ledeng, ataupun talang.


Daya Tahan Material Kanopi Atap uPVC

Sebagai material yang dibuat dari bahan uPVC, kanopi Atap uPVC menawarkan karakteristik yang ada pada bahan PVC. Pemakaian bahan ini sebagai atap kanopi, mampu bertahan sangat lama, bisa mencapai 10 sampai 15 tahun. Selain itu, kanopi Atap uPVC, khususnya yang dibuat dengan Atap uPVC berjenis twinwall, memberikan keuntungan lebih dibandingkan material lain.

Jenis atap yang satu ini disertai dengan insulator yang membuat suhu di bawahnya jadi lebih dingin. Selanjutnya, kanopi dari bahan Atap uPVC memberikan rasa nyaman ketika memasuki musim hujan. Anda tak perlu khawatir menghadapi kebocoran saat memakai bahan ini. Selain itu, Atap uPVC juga tidak akan menimbulkan suara bising seperti pada plafon baja ringan.

Material Kanopi Atap uPVC Tak Berbahaya Bagi Kesehatan

Material uPVC yang dipakai untuk pembuatan kanopi Atap uPVC memang punya kemiripan dengan bahan PVC. Hanya saja, ada faktor krusial yang membedakan kedua bahan ini. Perbedaan krusial tersebut adalah pada tingkat keamanan serta dampaknya terhadap kesehatan. Material PVC memiliki kandungan bahan-bahan berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan, termasuk di antaranya adalah bisphenol A (BPA).

Ulasan Terkait : Harga Genteng Keramik

Namun, kandungan ini tidak akan bisa Anda temukan pada kanopi Atap uPVC yang dibuat dari bahan uPVC. Selain itu, kedua material ini juga memiliki perbedaan yang kontras dalam upaya recycle atau pemakaian kembali. Anda perlu mengetahui bahwa kedua material ini memang tidak bisa terurai secara alami. Hanya saja, uPVC bisa digunakan kembali ke dalam bentuk lain dengan pemrosesan suhu yang sangat panas.

Varian Atap Atap uPVC Alderon  yang Bisa Dipakai untuk Kanopi

Ada 2 jenis atap Atap Alderon yang bisa dipakai untuk membangun kanopi, yaitu:
  1. RS Single Wall Corrugated. RS Single Wall Corrugated merupakan jenis atap Atap uPVC yang didesain dengan bentuk yang tipis. Tersedia opsi atap dengan ketebalan 1,20 mm dan 1,45 mm yang bisa dimanfaatkan. Bentuknya yang tipis, membuat jenis atap Atap uPVC ini punya bobot yang ringan. Harganya juga terjangkau serta memiliki tingkat ketahanan tinggi. Selain itu, atap ini juga punya manfaat dalam memberi perlindungan terhadap radiasi sinar ultra violet.
  2. Twinwall Corrugated. Atap uPVC Twinwall Corrugated merupakan jenis Atap uPVC yang dibuat secara berlapis dan dipasarkan dengan harga lebih mahal dibandingkan RS Single Wall Corrugated. Oleh karena itu, tidak heran kalau tipe atap Atap uPVC yang satu ini memiliki ketebalan mencapai 10 mm. Dengan desain seperti ini, tingkat ketahanannya pun lebih kuat dibandingkan RS Single Wall Corrugated.

Cara Pemasangan yang Mudah

Kanopi dengan roofing menggunakan material Atap uPVC menjanjikan proses pemasangan yang lebih cepat dan mudah. Bahan Atap uPVC memiliki konstruksi yang mirip dengan material polycarbonate serta zincalume. Di dalamnya, terdapat sistem interlock yang membuat pemasangan dapat dilakukan dengan mudah dan mampu meminimalkan terjadinya kesalahan instalasi.

Ulasan Terkait : Harga Genteng Beton

Hanya saja, Anda tetap harus memperhatikan pemakaian tenaga tukang yang dipakai untuk membangun kanopi Atap uPVC. Seorang tukang yang tidak berpengalaman, bisa saja melakukan kesalahan yang kemudian berdampak pada pemasangan yang buruk. Dampaknya, atap kanopi bisa saja memiliki bagian yang bocor saat hujan.

Biaya Pemasangan Kanopi Atap uPVC

Lalu, bagaimana dengan biaya yang diperlukan untuk pembuatan kanopi Atap uPVC? Kanopi ini bisa dibangun dengan menggunakan frame baja ringan ataupun besi hollow yang biasa digunakan pada pembangunan kanopi. Sampai di sini, biaya yang diperlukan tak jauh berbeda dengan kanopi jenis lain.

 Hanya saja, Anda perlu mengetahui bahwa pemakaian atap Atap uPVC menawarkan harga lebih tinggi dibandingkan jenis atap lain. Selanjutnya, biaya pemasangan pun bergantung pada desain serta material frame kanopi Atap uPVC yang diinginkan.

 Untuk pertimbangan dalammembuat kanopi Atap uPVC yang berkualitas dan terlihat cantik, kami siap membantu Anda. Apalagi, cara pemasangan kanopi dari bahan Atap Alderon dan juga Atap Onduline membutuhkan tenaga terampil yang telah berpengalaman. Dengan begitu, kanopi yang dihasilkan bakal sesuai dengan keinginan.
My photo
Herman Bardon
Saya seorang tukang bangunan yang berasal dari salah satu sudut kota Malang. Agar eksis saya membuat blog https://tukang.co