Pesona Atap Ijuk Untuk Rumah Etnik



Dengar kata ‘ijuk’, pikiran kita tentu langsung teringat beberapa benda rumah tangga yang memakai bahan ijuk, yakni sapu ijuk. Tapi tidak hanya sapu ijuk, atap ijuk adalah satu diantara komponen rumah yang memakai bahan berwarna hitam ini. Apakah itu atap ijuk serta bagaimana bila dipakai di rumah? Yuk kita baca bersama!

Apa Itu Atap Ijuk? 

Sebelum mengulas atap ijuk lebih jauh, penting agar kita tahu apa sebetulnya bahan ijuk tersebut. Ijuk ialah serabut hitam serta keras yang berperan membuat perlindungan pangkal pelepah daun aren.


Di Indonesia, aren jadi tumbuhan penghasil ijuk yang tumbuh di daratan dengan ketinggian 500- 1000 mtr. di atas permukaan laut. Produksi aren di Indonesia terhitung kelompok yang tinggi, tidaklah heran bila ijuk juga ikut digunakan jadi produk- produk dengan faedah tinggi, yakni sapu ijuk, sikat, tali, sampai atap ijuk.


Rumah dengan atap ijuk mungkin sama dengan style arsitektur kuno serta tradisionil. Tetapi banyak keunggulan serta kelebihan atap ijuk yang wajar jadikan jadi bahan alasan.

Tahan Lama Sampai Bertahun-Tahun 

Atap ijuk adalah satu diantara serat alami paling baik dengan ketahanan yang awet. Sering, atap ijuk dapat bertahan dipakai sampai 80-100 tahun lamanya. Atap ijuk tahan pada asam, rayap, serta dapat menyerap air atau panas.

Bahan Murah serta Dapat dijangkau 

Atap ijuk termasuk relatif murah dibanding dengan design atap sejenisnya, contohnya atap rumbia yang lebih susah didapat di market. Automatis, harga atap ijuk jadi lebih nyaman di kantong.

Pas untuk Cuaca Tropis 

Tidaklah heran bila atap ijuk seringkali jadi pilihan untuk perumahan di pinggir pantai, restoran, atau resort bergaya tradisionil. Atap ijuk memberi keteduhan sebab menyerap cahaya matahari sekaligus juga membuat sejuk situasi di seputar.

Kelihatan Alami, Bercahaya serta Baru 

Dengan warna hitam pekat yang ciri khas, atap ijuk tetap kelihatan alami, mengkilap serta punyai kesan-kesan baru yang indah. Pas untuk outdoor, tidak salah bila kalian memakai atap ijuk jadi pelengkap gazebo atau ruangan taman di luar.

Rekan Outdoor yang Asik 

Kamu dapat seringkali temukan atap ijuk dipakai bertepatan dengan gazebo, saung, bale atau ruangan kecil spesial sisi luar. Tidak hanya pas untuk area berteduh, atap ijuk berkesan alami hingga pas untuk pemakaian outdoor.

Kesan-kesan Tradisionil Yang Kuat 

Atap ijuk seringkali jadi sisi dari bangunan tradisionil seperti rumah tradisi, keraton sampai pura di Bali. Dengan pengaturan yang rapi, warna hitam legam dari atap ijuk semakin meningkatkan keasrian budaya yah.
My photo
Herman Bardon
Saya seorang tukang bangunan yang berasal dari salah satu sudut kota Malang. Agar eksis saya membuat blog https://tukang.co